Rabu, 12 April 2017

Cara Bongkar Pasang Head dan Klep Honda Supra

loading...

Harga Sparepart Honda - Ada beberapa pertanyaan yang menarik untuk dibahas mengenai bagaimana cara bongkar pasang klep dan head honda supra. Pertanyaan tersebut bunyinya seperti ini:

"Mau tanya ini bro, sepeda motorku merk Honda Supra X 100cc. Saya habis bongkar head untuk ganti skur klep. Tapi saya punya masalah karena waktu bongkar dan stel klep, si mas-mas mekanik tidak memposisikan mesin pada Top position. Setahu saya untuk menyetel klep posisinya harus ditopkan terlebih dahulu. Dan yang terjadi sekarang sepedaku jika digeber agak keras sedikit langsung nembak2. Saya sendiri sudah mencoba cek posisi klep, ternyata pada satu putaran stelan klep rapat dan pada putaran berikutnya stelan klep menjadi longgar. Saya mau bongkar sendiri soalnya takut salah bengkel seperti yang lalu dan akhirnya tambah biaya lagi. Minta solusinya dong..!".

Gambar Bongkar Pasang Klep Motor

Begini Bro.. Sebenarnya suara motor yang nembak-nembak itu bukan cuma salah dalam ketepatan atau tidaknya busi memercikan api, Bisa juga suara ini timbul dikarenakan setelan karbu yang kurang pas, atau karena knalpot bocor, dan lain sebagainya.

Kalau itu masalah klep di putaran pertama klep rengang terus diputaran berikutnya rapat itu memang sudah menjadi kodrat dari si mesin 4 tak itu sendiri. Jadi hal seperti ini sangat lumrah dan wajar untuk motor 4 tak. Sebagai tambahan saja ini bro, siklus kerja motor 4tak itu seperti ini:

  • Langkah hisap: Piston bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah) dengan klep hisap terbuka dan noken as berputar 90 derajat dan klep ini terbuka, sedangkan kruk as berputar 180 derajat.
  • Langkah kompresi: Piston bergerak dari TMB ke TMA dengan klep hisap dan buang tertutup rapat noken as berputar 180 derajat sedangkan kruk as berputar 360 derajat.
  • Lankah usaha: Piston bergerak dari TMA ke TMB dengan klep hisap dan klep buang tetap tertutup, noken as berputar 270 derajat sedangkan kruk as berputar 540 derajat.
  • Langkah buang: Piston bergerak dari TMB ke TMA dengan posisi klep terbuka noken as berputar 360 derajat dan kruk as berputar 720 derajat.
  • Nah, dari sini kita akan tahu dalam 1 proses motor 4 tak dibutuhkan 1x noken as berputar dan 2x poros engkol berputar. Sebenarnya di siklus kerja ada 1 proses overlaping klep.

Lalu bagaimana cara Bongkar Pasang Head dan Klep Honda Supra ?

Untuk melakukan pembongkaran klep motor yang benar, sebaiknya simak beberpa langkah berikut ini:

  1. Lepas knalpot 
  2. Lepas karbu 
  3. Buka busi 
  4. Buka tutup gigi sentrik 
  5. Buka tutup blok magnet dan lubang intip magnet 
  6. Posisikan piston pada top buang, yaitu dengan cara memutar magnet melalui lubang blok magnet menggunakan kunci sok 17. Tanda top buang bisa Anda lihat di bagian gigi sentrik ada tanda bulat di pinggirnya dan posisikan tanda itu di tanda yang ada di head.
  7. Buka tutup klep serta tutup as roker arm atau pelatuk.
  8. Buka baut gigi sentrik serta lepaskan gigi sentrik dari rantai keteng. Jika ini terlalu susah, lepaskan dahulu tensioner dengan cara melepas baut yang berada di bawah mesin dan lokasinya berada didekat lubang kuras oli.
  9. Buka baut samping blok head 
  10. Buka ke 4 mur head secara silang
  11. Setelah semua sudah berhasil terbuka, sekarang tinggal tarik headnya.
  12. Setelah  head terlepas, buka ke dua roker arm dengan menggunakan baut 12mm degan cara memasukan baut pada lubang as roker arm (pelatuk) kemudian tarik keluar lepaskan roker arm serta adsnya.
  13. BUka noken as degan cara menariknya baut 12mm tadi seperti pada pembukaan rocker arm diatas. 
  14. Sekarang tinggal lepaskan kuku klepnya dengan cara ganjal payung klep degan tutup klep. Kemudian gencet penahan per klep dengan menggunakan kunci sok atau memakai kunci busi. Lalu tekan kunci sok tersebut sampai kukunya keluar. 

Demikianlah penjelasan tentang Cara Bongkar Pasang Head dan Klep Honda Supra yang bisa kami paparkan. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Daftar Harga Lainya : Cara Bongkar Pasang Head dan Klep Honda Supra

1 komentar: